D’Media (15/02/2022) – Perkembangan
teknologi di industri perekonomian yang semakin pesat, menuntut masyarakat
untuk lebih “lincah” dalam mengaplikasikan beragam e-commerce. Hal ini disampaikan oleh Slamet, Dosen S1 Sistem
Informasi Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) pada pelatihan E-Commerce UMKM di Era Digital.
Pelatihan yang diadakan pada Selasa (15/2) ini dihadiri oleh sekitar 30 peserta
yang kebanyakan sudah merintis UMKM.
“Sekarang
ini era 5.0 semua kegiatan bertumpu pada teknologi karena IT menjangkau dunia
tanpa hadir secara fisik. Oleh sebab itu digital marketing menjadi pilihan yang
wajib bagi masyarakat saat ini,” tutur Slamet. Pada pelatihan yang bertempat di
Aula Kelurahan Kedung Baruk ini, Slamet menjelaskan hal penting yang perlu
diperhatikan bagi perintis UMKM adalah mengetahui target pasar dan mempelajari
hal-hal mulai dari personality,
tingkah laku, attitude, minat, hobi
serta gaya hidup. “Selain itu perintis UMKM harus bisa berpikir kritis untuk
bisa berkembang di revolusi industri,” jelas Slamet. Lebih lanjut ia
menerangkan bahwa masayarakat yang ingin memulai bisnis UMKM harus terus mau
belajar menggunakan marketplace yang disukai dan belajar sistem bisnis yang
ingin ditekuni.
Slamet menyarankan kepada para peserta yang hadir untuk mau mencoba langsung penggunaan beragam marketplace yang hadir di tengah masyarakat modern saat ini. “Salah satu contoh lokal di Surabaya saat ini ada E-Peken yang dibuat oleh Pemerintah Kota Surabaya,” tuturnya. Menurutnya, E-Peken sebagai salah satu marketplace lokal ini dapat menjadi wadah yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Hal tersebut karena pemerintah ingin meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga Surabaya sehingga ada regulator yang dipantau oleh pemerintah secara langsung. “Kuncinya harus mau join langsung di marketplace yang disukai lalu evaluasi proses bisnis yang sudah dilakukan,” tegas Slamet.
Melalui
kegiatan ini, para peserta yang hadir merasa mendapatkan banyak ilmu bermanfaat
salah satunya adalah Wahyu Gunawan. Ia pun memanfaatkan pelatihan ini untuk
mendapatkan solusi dari pemasalahan yang ia hadapi dalam bisnis online frozen food yang sedang ia rintis. “Kesulitannya
tuh selama ini saya sudah gencar promosi lewat media sosial, tapi hasil omzet
setiap bulan masih stagnan,” terang Wahyu. Pria yang dahulu bekerja sebagai
pegawai bank ini kini merasa tertantang dalam menggeluti dunia bisnis.
“Ternyata menjadi seorang wirausaha itu mudah dilihat tapi susah dilaksanakan,”
ujarnya sambil tertawa. Besar harapan Wahyu setelah mengikuti kegiatan
pelatihan ini, ia bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk meningkatkan
penjualan secara online melalui Instagram bisnisnya di @pentolbakar_juara.
“Senang sekali dapat ilmu baru, semoga kegiatan pelatihan seperti ini sering
dilakukan agar bisa menjangkau para perintis UMKM di lingkungan Kedung Baruk
ini,” pungkas Wahyu. (Cla)