D’Media (23/06/2023) Universitas Dinamika Surabaya bersama Dinas Pendidikan
Provinsi Jawa Timur sosialisasikan STUNNING System. Ini merupakan inovasi untuk
melacak siswa yang memiliki potensi untuk berprestasi baik akademik maupun non
akademik melalui sebuah inovasi yang diberi nama STUNNING (Student
evaluation learning) system berbasis Automatic Item Generation (AIG).
Sistem yang dikembangkan dosen-dosen Undika ini nantinya akan mempermudah Dinas
Pendidikan Provinsi Jawa Timur dalam mencari siswa yang memiliki potensi di
sekolah.
Menurut Dosen Undika Dr. Bambang Hariadi M.Pd, yang juga
sebagai Ketua Peneliti dalam program ini, menyampaikan inovasi ini mengadopsi
konsep big data, yaitu data analytic yang dapat membantu Dinas Pendidikan Jatim
mengambil keputusan terkait siswa-siswi yang akan diikutsertakan dalam
kompetisi untuk mewakili provinsi Jawa Timur ini.
Aplikasi ini kami gunakan untuk evaluasi belajar yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh siswa dan guru di Jawa Timur. Untuk soal-soalnya kami kumpulkan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dengan lima mata pelajaran yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan bahasa Inggris, sehingga nantinya bisa di gunakan untuk menentukan kelulusan di masing-masing sekolah.”Ujarnya.
Rektor Universitas Dinamika Surabaya, Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd saat memberikan sambutan (Dok: PR)
Kepala seksi Kurikulum Bid. Pembinaan SMA Jatim, Eka Ananda Arief Budi Rahardja,S.H.,M.Si saat memberikan sosialisasi (Dok : PR)
Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Dinamika Surabaya, Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd., Kepala seksi kurikulum pembinaan SMA Jatim, Eka Ananda Arief Budi Rahardja, S.H., M.Si. dan perwakilan guru MGMP dari beberapa SMA di Jawa timur, seperti Bojonegoro, Kediri, dan lain sebagainya.
Harapan kami dari para peneliti,
STUNNING system ini bermanfaat untuk Dindik Jatim khususnya bidang pembinaan
SMA dapat mengetahui perkembangan hasil belajar siswa di sekolah, serta mencari
siswa yang berpotensi untuk berprestasi di tingkat nasional maupun
internasional,”harapnya.(Adi)